Alhamdulillah Terimakasih Doanya :)




Monday, August 5, 2013

Mempersiapkan Tubuh Untuk Mengikuti Tes Fisik/Kebugaran

Tes kebugaran merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk bisa benar-benar lolos dalam mengikuti tes sekolah kedianasan. Mengapa tes ini perlu dilakukan? Dalam prakteknya sekolah kedinasan membutuhkan pelajar yang nantinya siap bekerja keras dan tidak malas-malasan.

Itu tentu wajar mengingat sekolah kedinasaan dibiayai oleh negara alias gratis. Ya udah untung dikasih gratis masih juga males buat apa punya siswa seperti itu (hehe sori buat yang tersinggung). Tapi tenang yang sering males-malesan dirumah bukan cuma kalian aja,  si penulis juga :3.

Hahha ya gimana boleh buat lagi kalo kita tidak mempersiapkannya dari sekarang ntar yang ada cuma penyesalan. Wes gur jatukno jatukno tok ngko. . . . hmmmmm. Kira-kira apa aja ya persiapannya? Bantal, guling, cemilan dan DVD? Jangan mengharapkan itu lagi kawan.


1. Tes lari 12 menit mengitari lapangan

Inilah salah satu yang paling berat untuk dijalani, lari 12 menit bukan perkara mudah bro nggak kayak lari pas ngejar angkot doang, Paling kalo ngejar angkot cuma 30 detik juga dah berhenti angkotnya. Lagian bego juga sih angkot dikejar-kejar mendingan juga dikejar-kejar anjing. Hahaha buruk. Maka dari itu loe harus berusaha dan berlatih, rajin berdoa, mengaji, menabung dan rajin gosok gigi sebelum tidur :). Tenang lah ini cuma lari bisa bukan berlari sambil mengaji atau lari sambil unjuk gigi. Dalam kasus ini usahakan minimal ente dapat 5 putaran dalam 12 menit atau lebih. Pengalaman kakak kelas dan temen-temen ane yang lolo tes STAN mereka rata-rata mampu menempuh 6 putaran dalam 12 menit, ada juga yang sampek 15 (WOW gue bohong). Maka dari itu apa saja yang perlu disiapkan untuk latihan? Simak aja dibawah ini (eh).

A. alat dan bahan

  • Bawa makanan ringan dan minuman (air putih aja kaga usah lebay pake bawa air kolam yang udah didoain mbah dukun).
  • Stopwatch (paling juga pake hape :/, modal dikit dong)
  • Pakaian olahraga dan bersepatu (jangan nyeker bro ntar loe dikirain pemulung)
  • Pastikan kamu di lapangan jangan di kolam renang karena jika di kolam renang itu namanya memancing ikan.


B. yang harus dilakukan

  • Bersiap-siap dan nyalakan stopwatch
  • Lari (jelas lah bro lu harus lari jangan naek motor oke) : Jangan sampai begitu start ente langsung lari sekencang-kencangnya, sabar bro ente jangan keinget pas kepergok maling celana. Seperti halnya orang-orang jogging lari-lari kecil setelah itu tingkatkan kecepatan dan capai lari yang stabil. 
  • Untuk hari pertama ane yakin ente nggak bakal kuat langsung lari selama 12 jam. Coba ente lari selama 2 menit dulu. Usahakan dalam waktu 2 menit ente harus sudah dapet 1 putaran atau lebih. Nahh dengan itu ente bakal bisa mengira-ngira seberapa cepat ente harus berlari.
  • Setelah ente lari selama 2 menit, istirahatlah bro rileks kan badan tenangkan pikiran. 
  • Kemudian lari lagi dan tingkatkan waktu menjadi 3 menit, 5 menit, 8 menit, 12 menit. Terserah mau hari itu juga atau bisa dicicil di kemudian hari. Catat hasilnya!. Ingat bro minimal 12 menit bisa mencapai 6 putaran atau lebih.
NB: Masalah 6 putaran. Sebenernya target tetaplah target akan tetapi itu bukan syarat mutlak kita diterima. Semuanya tergantung kepada tim penilai. Bisa saja yang hanya bisa menempuh 4 putaran bisa lolos karena dia terlihat mempunyai niatan yang bersungguh sungguh untuk mengikuti tes tersebut. Hoe bro bukan alasan buat males berlatih.


2. Shuttle run membentuk angka 8



Video diatas adalah salah satu contoh shuttle run membentuk angka 8. Silahkan ente pahami baik-baik videonya bagaimana cara berlari dengan benar dan menempuh waktu secepat cepatnya.

Karena hal yang dipertimbangkan untuk tes ini adalah waktu. Perserta bakal dikasih arahan berapa kali harus melakukan shuttle run dan dicatat waktunya.

Sekian hal-hal yang sekiranya perlu saya sampaikan, jika ada yang ditanyakan silahkan komen dibawah.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sopan. Kritik untuk tujuan membangun.