Alhamdulillah Terimakasih Doanya :)




Sunday, March 31, 2013

Cara Mengatasi Masalah Gagal Install Windows 7 "The computer restarted unexpectedly or encountered an unexpected error."

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang masalah yang terjadi pada saat instalasi windows 7. Saya akan fokuskan bagi anda yang mungkin mengalami masalah seperti yang saya alami dahulu. Oke langsung saja disini saya akan kupas tuntas melai dari latar belakang sampai solusinya. Mohon berkenan untuk membacanya sampai selesai sehingga anda dapat memahami lebih lanjut.


  • Latar belakang kejadian

Ketika itu saya di kasih amanah saya temen saya untuk memperbaiki masalah pada laptopnya. Pada saat itu laptop teman saya sedikit lambat dalam melakukan tugas apapun. Untuk startup aja dibutuhkan waktu sekitar 5 menit, padahal waktu normalnya aja cuma 30 detik untuk windows 7.

Wah, setelah saya pikir-pikir akhirnya saya putuskan untuk menginstall ulang laptop doi. Awalnya instalasi berjalan dengan baik tidak ada kendala dan lancar. Meskipun waktu yang saya tempuh untuk laptop yang sekedar baru selesai proses "Copying Windows Files" sudah sekitar setengah jam. Itu bukanlah waktu yang singkat, saya sempat menduga ada yang tidak beres dengan instalasi windows yang saya lakukan saat itu. Ketika laptop mau saya restart meskipun instalasi belum selesai, ternyata dengan tidak terduga instalasi kembali berjalan dengan baik dan seperti saat kita menginstall windows 7 pada umumnya akan diperlukan beberapa kali restart.

  •  Penyebab kejadian
Instalasi berlanjut sekarang saya sudah berada pada tahap penyempurnaan, di layar sudah nampak tulisan  "Setup is updating registry setting". Saya sangat bahagia saat itu dan berpikir instalasi akan berjalan dengan sangat baik. Saya sudah menunggu sekitar 10 menit. Akan tampak pada layar tidak terjadi peribahan sama sekali.

Karena kelelahan untuk menunggu setup yang tak kunjung selesai. Akhirnya saya tinggalin begitu saja untuk saya lihat nantinya. Sekitar 30 menit kemudian saya kembali lagi untuk mengecek bagaimana keadaan terbaru dari proses instalasi yang butuh kesabaran ekstra tadi. Dan ternyata masih saja Proccessing. Saya sangat sudah kehabisan kesabaran untuk itu semua, dan kemudian langsung ku matikan saja laptopnya dengan menekan tombol power pada laptop.

  • Puncak masalah

Saya masih belum menyerah dan berkeinginan untuk mengulangi instalasi dari awal lagi. Akan tetapi begitu saya set boot pada kaset CD saya, laptop tidak mau booting pada CD tersebut dan kembali lagi pada proses instalasi windows sebelumnya tadi. Tetapi instalasi terhenti dan memunculkan dialog

"The computer restarted unexpectedly or encountered an unexpected error. Windows installation cannot proceed. To install Windows, click "OK" to restart the computer, and then restart the installation."




Saya sudah mencoba berbagai cara untuk dapat menyelesaikan problem diatas. Mulai dari membeli CD baru, mengganti CD Windows XP dan Ubuntu. Akan tetapi dialog tersebut masih saja muncul.

  • Solusi Masalah

Setelah saya googling lebih lanjut, ternyata instalasi diatas tidak bisa dilanjutkan sama sekali. Tetap tenang saya menulis artikel ini memang bertujuan untuk memberi tahu anda bagaimana solusinya.

  1. Jika anda memakai Flashdisk untuk menginstall windows, Belilah DVD baru dan burn ISO file ke dalam DVD tersebut. Kemudian set laptop untuk booting ke DVD.
  2. Jika anda memakai DVD sebagai alat instalasi windows, seperti yang saya alami diatas. Maka anda harus menginstall ulangnya kembali menggunakan Flashdisk. Baca Cara menginstall ulang windows 7 menggunakan Flashdisk!



5 comments:

  1. ga mau booting dng fdis gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek dulu gan apakah dikomputer lain bisa booting lewat flashdisk

      Delete
  2. bagaimana cara mengatasi masalah pada kejadian di atas? sama persis dengan yang saya alami, tolong saya.. bisa hubungi 085695289294

    ReplyDelete
  3. Tolong bantuanx ya,,aq da Booting lwt Flastdisk,,tapi masih tetap error,da dinstal,,tapi maunx Restar terus....

    ReplyDelete
  4. maaf gan numpang nyampah pertanyaan juga...laptop ane kena masalah yang sama udah ganti vcd 3 kali tetap aja ga kebaca dan ga bisa instal ulang...kenapa ya.? laportannya disk 0 unallocated space gitu gan...

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sopan. Kritik untuk tujuan membangun.