Alhamdulillah Terimakasih Doanya :)




Saturday, February 9, 2013

Kecepatan cahaya dapat meloncati waktu



Pernahkah anda membayangkan jika anda menaiki kendaraan yang kecepatannya mendekati 1.079.252.848,80 km/jam (kecepatan cahaya)? Pastinya bakal lebih seru daripada naik komedi putar hehehe. Jika saja itu benar-benar bisa kita lakukan bakal banyak kejadian yang menarik salah satunya adalah dilatasi waktu.Opo kui. Bagi kalian yang udah kelas 3 SMA jurusan IPA pasti tahu dong apa istilah itu?


Yap . . . bener banget, dilatasi waktu adalah peristiwa bengkoknya waktu yang disebabkan oleh benda yang bergerak dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya hal ini berdasarkan hukum relativitas Einstein. Masih belum paham? oke gini aku jelasin pake cerita.

Alkisah ada dua orang yang umurnya sama-sama 30 tahun, namanya Roni dan Krucut. Suatu hari si Roni hendak berkeliling diruang angkasa menggunakan pesawat super canggih yang mampu menempuh kecepatan 0,8 C. Sedangkan si Krucut cuma nganggur di rumah aja.
Ketika si Krucut berusia 40 tahun, si Roni baru saja pulang dari penjelajahannya dan coba tebak berapa umur Roni sekarang? 
Ternyata Roni sekarang baru berumur 36 tahun.

 Cerita diatas dapat menggambarkan apa itu dilatasi waktu. 


Perbedaan waktu waktu itu dapat kita hitung menggunakan rumus sebagai berikut


Cara menghitungnya silahkan anda cari sendiri di google ya ^_^.

1 comments:

Silahkan berkomentar yang sopan. Kritik untuk tujuan membangun.