Alhamdulillah Terimakasih Doanya :)




Saturday, March 17, 2012

Masalah harddisk pada saat install windows 7



"This computer's hardware may not support booting to this disk. Ensure that the disk's controller is enabled in the computer's BIOS menu." itulah pesan yang tiba-tiba muncul disaat tadi pagi saya kepengen install windows 7 di Laptop saya.

Setelah saya bertanya dengan mbah google, saya akhirnya dituntun oleh beliau ke website ini http://support.microsoft.com/kb/925481 setelah saya cermati dari situ saya baru paham karena saya menggunakan virtual hardisk sebagai media penyimpanan windows yang akan saya tampung.

Akan tetapi dipermasalahan kali ini sangat bervariatif tidak hanya gara-gara virtual hardisk tetapi juga disebabkan oleh pengaturan harddisk dibios. Maka saya menyimpulkan ada beberapa cara penanganannya

cara 1:
Jika anda menggunakan VHD sebagai partisi windows maka

  • Hapuslah VHD yang lama dan buatlah VHD yang baru
  • Pada saat proses seperti gambar dibawah











  • Ubahlah mode disk anda seperti disk 3 bukan seperti disk 4
  • Setelah itu restart dan jalankan reperti yang anda ketahui

Cara 2:
  • Apabila anda mempunyai lebih dari satu harddisk yang terpasang, lepaskan salah satunya dan jalankan instalasi
  • Jika masih belum berhasil coba format partisi hardisk C: dengan menggunakan menu advanced

Cara 3:
  • Sepertinya memang ini dikarenakan bios anda diset dengan kompatikabel harddisk anda dengan mode AHCI bukan IDE, coba carilah pengaturan harddisk anda! dan apabila pengaturanya AHCI ubahlah ke IDE/Compactible/Disable
  • Atau jika anda kesulitan mencarinya, sebaiknya default pengaturan BIOS
 Terima kasih anda sudah membaca artikal saya ini, sebuah kado yang sangat berarti di ulang tahun saya ke 17 jika anda mau membagikan artikel ini ke teman-teman anda

Lain kali saya akan memposting "Cara install windows 7 di virtual harddisk" ^_^

6 comments:

  1. Replies
    1. Maaf sebelumnya mungkin anda harus mengkaji ulang, pada judul Postingan ini adalah "Masalah harddisk pada saat install windows 7" bukan "kerusakan harddisk"
      mungkin anda bisa berkunjung kesini http://aditwebe.blogspot.com/2012/04/kerusakan-harddisk.html untuk menyelesaikan masalah yang anda hadapi
      Thx

      Delete
  2. gpp HBD aja.. nama nya aja memposting jadi aja yang gk ngerti ada yang ngerti,, so happy ending aja

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sopan. Kritik untuk tujuan membangun.